Unreal Engine merupakan suatu game
engine yang di kembangkan oleh Epic Games yang pertama di gunakan tahun 1998
pada game first person shooter unreal. Meskipun awalnya dikembangkan untuk game
first person shooters, namun Unreal juaga sukses digunakan pada genre game
lainnya seperti RPG, MMORPGs, dan lainnya. Unreal menggunakan code bahasa C++.
Unreal memiliki fitur yang mengutamakan portabilitas dan merupakan game engine
yang banyak digunakan saat ini.
Versi terbaru dari Unreal Engine
saat ini adalah Unreal Engine 4 yang di buat untuk Microsoft DirectX 11 dan
12,GNM Playstation 4, OpenGL untuk OS X, Linux, IOS, Android, Vulkan untuk
android, metal untuk IOS, dan JavaScript/WebGL untuk HTML5 pada web browser.
Unreal Engine 1 di mulai pada
tahun 1998 dengan kemampuan rendering, deteksi hantaman, AI, visibility,
networking, scripting, dan file system management pada suatu engine. Unreal
Engine 1 menyediakan rasterizer dan hardware-accelerated rendering menggunakan
Glide API untuk GPU 3dfx dan telah di perbaharui untuk OpenGL dan juga
Direct3D. Unreal Engine 1 menjadi populer karena arsitektur engine yang modular
dan adanya bahasa script yang dinamakan UnrealScript yang dibuat mudah untuk
dilakukan modifikasi.
Unreal Engine 2 dirilis tahun
2002. Generasi ini melakukan penulisan ulang pada inti kode serta rendering
engine. Unreal engine 2 menawarkan level editor yang juga menawarkan karma
physic SDK. Karma Physic engine ditenagai ragdoll physic pada unreal turnamen
2003 dan unreal champinship. Elemen engine
lainnya juga di perbaharui dengan peningkatan aset dan dukungan pada
gamecube dan Xbox. Berikutnya dukungan pada playstation 2 ditambahkan pada UE1.
Pada UE 2 dilakukan peningkatan pada performa rendering dan penambahan engine
physic serta support 64 bit.
Unreal Engine 3 dirilis pada tahun
2004. Unreal Engine 3 mengambil keuntungan dari hardware shader secara total
yang membutuhkan shader model. Perhitungan pencahayaan dilakukan per pixe.
Unreal Engine 3 juga mendukung koreksi gama pada jarak dinamis. Awalnya, Unreal
Engine 3 hanya mendukung windows, xbox 360, dan playstation 3, namun tahun 2010
ditambahkan dukungan terhadap android dan juga ios. Dukungan terhadap OS X
ditambahkan pada tahun 2011. Untuk rendering mendukung teknik HDRR, pencahayaan
per pixel, dan juga bayangan dinamis. Pada oktober 2011, Unreal Engine 3
mendukung Adobe Flash Player 11 dengan hardware accelerated APIs.
Unreal Engine 4 di perkenalkan
pada januari 2014 di CES dan dirilis ke publik pada 19 maret 2014. Fitur utama
yang dimiliki oleh Unreal Engine 4 adalah real time global ilumination
menggunakan voxel cone tracing, eliminasi pencahayaan prakomputer. Unreal
Engine 4 juga memiliki fitur developer baru untuk mengurangi waktu iterasi, dan
update kode C++ pada saat engine berjalan. Blueprint baru dari visual scripting
system memungkinkan pengembangan cepat dari suatu game tanpa menggunakan C++
dan terdapat debug secara live yang menjadikan waktu iterasi berkurang, dan
mengurangi pembagian terhadap tim kerja. Unreal Engine 4 dirilis dengan semua
tools, fitur, dan juga source kode lengkap dari C++ untuk mengembangkan
kumunitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar