Senin, 26 Desember 2016

Game Engine : Unreal Engine

Unreal Engine merupakan suatu game engine yang di kembangkan oleh Epic Games yang pertama di gunakan tahun 1998 pada game first person shooter unreal. Meskipun awalnya dikembangkan untuk game first person shooters, namun Unreal juaga sukses digunakan pada genre game lainnya seperti RPG, MMORPGs, dan lainnya. Unreal menggunakan code bahasa C++. Unreal memiliki fitur yang mengutamakan portabilitas dan merupakan game engine yang banyak digunakan saat ini.

Versi terbaru dari Unreal Engine saat ini adalah Unreal Engine 4 yang di buat untuk Microsoft DirectX 11 dan 12,GNM Playstation 4, OpenGL untuk OS X, Linux, IOS, Android, Vulkan untuk android, metal untuk IOS, dan JavaScript/WebGL untuk HTML5 pada web browser.

Unreal Engine 1 di mulai pada tahun 1998 dengan kemampuan rendering, deteksi hantaman, AI, visibility, networking, scripting, dan file system management pada suatu engine. Unreal Engine 1 menyediakan rasterizer dan hardware-accelerated rendering menggunakan Glide API untuk GPU 3dfx dan telah di perbaharui untuk OpenGL dan juga Direct3D. Unreal Engine 1 menjadi populer karena arsitektur engine yang modular dan adanya bahasa script yang dinamakan UnrealScript yang dibuat mudah untuk dilakukan modifikasi.  

Unreal Engine 2 dirilis tahun 2002. Generasi ini melakukan penulisan ulang pada inti kode serta rendering engine. Unreal engine 2 menawarkan level editor yang juga menawarkan karma physic SDK. Karma Physic engine ditenagai ragdoll physic pada unreal turnamen 2003 dan unreal champinship. Elemen engine  lainnya juga di perbaharui dengan peningkatan aset dan dukungan pada gamecube dan Xbox. Berikutnya dukungan pada playstation 2 ditambahkan pada UE1. Pada UE 2 dilakukan peningkatan pada performa rendering dan penambahan engine physic serta support 64 bit.

Unreal Engine 3 dirilis pada tahun 2004. Unreal Engine 3 mengambil keuntungan dari hardware shader secara total yang membutuhkan shader model. Perhitungan pencahayaan dilakukan per pixe. Unreal Engine 3 juga mendukung koreksi gama pada jarak dinamis. Awalnya, Unreal Engine 3 hanya mendukung windows, xbox 360, dan playstation 3, namun tahun 2010 ditambahkan dukungan terhadap android dan juga ios. Dukungan terhadap OS X ditambahkan pada tahun 2011. Untuk rendering mendukung teknik HDRR, pencahayaan per pixel, dan juga bayangan dinamis. Pada oktober 2011, Unreal Engine 3 mendukung Adobe Flash Player 11 dengan hardware accelerated APIs.


Unreal Engine 4 di perkenalkan pada januari 2014 di CES dan dirilis ke publik pada 19 maret 2014. Fitur utama yang dimiliki oleh Unreal Engine 4 adalah real time global ilumination menggunakan voxel cone tracing, eliminasi pencahayaan prakomputer. Unreal Engine 4 juga memiliki fitur developer baru untuk mengurangi waktu iterasi, dan update kode C++ pada saat engine berjalan. Blueprint baru dari visual scripting system memungkinkan pengembangan cepat dari suatu game tanpa menggunakan C++ dan terdapat debug secara live yang menjadikan waktu iterasi berkurang, dan mengurangi pembagian terhadap tim kerja. Unreal Engine 4 dirilis dengan semua tools, fitur, dan juga source kode lengkap dari C++ untuk mengembangkan kumunitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar