Rabu, 21 Desember 2016

Game Development : Tahap-tahap

Video game merupakan software dengan seni, suara, dan gamplay yang menarik. Suatu game membutuhkan development yang baik. Suatu game dengan development yang buruk akan menghabiskan banyak dana dan waktu serta dapat mengakibatkan banyaknya bug yang ditemui. Development game komerisal biasamya meliputi :

Pra-produksi

                Merupakan tahap perencanaan dari suatu game yang berfokus pada ide dan konsep. Tujuan dari konsep development adalah membuat prosedur yang akan di lakukan lebih jelas dan mudah di pahami. Selain itu, pada tahap ini juga terdapat rencana produksi yang digunakan beberapa game development serta tahap technical review yang merupakan detail game yang akan di produksi.
  •  High concept

Merupakan deskripsi singkat dari suatu game yang akan di buat.
  •          Pitch

Merupakan ringkasan singkat yang akan menampilkan point-point penjualan suatu game dan detail keuntungan yang bisa di dapat.
  •          Concept

Merupakan dokumen yang lebih lengkap yang meliputi semua informasi tentang produksi game. Konsep ini meliputi high concept, game genre, deskripsi gameplay, fitur, setting, jalan cerita, target pasar, platform, estimasi pembuatan, analisis pasar, kebutuhan team, dan analisa msalah.
  •          Dokumen design

Sebelum produksi dimulai, tim development akan membuat dokumen design versi pertama yang mendeskripsikan konsep game dan juga elemen gameplay utama secara mendetail serta meliputi sketsa pendahuluan dari bebrbagai aspek pada game.
  •          Prototype

Prototype akan berguna bagi programmer dan juga game designer untuk bereksperimen menggunakan berbagai algoritama dan scenario yang dapat digunakan pada game. Prototype biasa digunakan sebagai bukti dari konsep atau untuk mencoba ide dengan menambahkan, merubah, atau menghilangkan beberapa fitur.   

Produksi

                Produksi merupakan tahap utama dari game development. Di tahap ini akan di buat suatu game beserta dengan sourch codenya.
  •          Design

Game designer akan melakukan pembuatan design dari konten dan aturan dari suatu game. Dalam development, game designer akan mengimplementasikan dan memodifikasi design game agar sesuai dengan yang di butuhkan.
  •          Programming

Programming pada suatu game akan ditangani oleh game programmer. Programmer bertugas membuat prototype, serta membuat sourch code dari game yang diproduksi menggunakan game engine yang telah di tentukan. Selain itu programmer juga bertugas dalam mengatasi bug yang terjadi pada game.
  •         Pembuatan level

Pembuatan level pertama pada game biasanya membutahkan waktu lebih lama, bahkan dapat berganti. Namun level dapat di buat dengan lebih cepat jika fitur lebih lengkap dan visi game jelas.
  •          Produksi art
  •         Produksi audio

Audio game terbagi menjadi 3 yaitu sound effect, music, dan pengisi suara. produksi Sound effect akan melakukan tweaking pada sample sesuai dengan yang di butuhkan. Untuk music, dapat dilakukan secara buatan maupun langsung.
  •          Pencobaan

Jika sudah selesai, suatu game akan di lakukan pencobaan(testing) guna menjaga kualitas game agar sesui dengan yang di inginkan. Tester akan mencoba apakah game dapat dimainkan, mencoba semua fitur yang tersedia, serta melaporkan bug yang didapati saat mencoba game yang baru selesai di produksi.

Milestones

                Game komersial biasanya membutuhkan milestone yang ditetapkan oleh penerbit. Milestone menandai peristiwa utama dalam game development dan digunakan sebagai track kemajuan game.
  •         First playable

First playable adalah versi game yang memuat gameplay utama dan aktiva. Biasanya sesuai dengan prototype yang dibuat pada tahap pra-produksi.
  •          Alpha

Merupakan tahap dimana fungsional gameplay diimplementasikan dan aktiva terselesaikan. Alpha game memiliki fitur dapat dimainkan serta memuat semua fitur utama.
  •         Code freeze

Merupakan tahap dimana code-code baru tidak akan ditambahkan lagi pada game dah hanya dilakukan perbaikan terhadapa bug yang terjadi.
  •          Beta

Beta merupakan fitur dan aktiva versi lengkap dari suatu game. Versi ini biasanya sudah jarang memiliki bug.
  •          Rilis Code

Adalah tahap dimana banayk bug telah di perbaiki serta siap untuk di kirim ke manufaktur konsol review.
  •          Gold master

Gold master merupakan game versi final yang digunakan sebagai master untuk produksi game secara massal.

Pasca produksi

  •          Pemeliharaan

Setelah game dikirim, maka tahap pemeliharaan di mulai. Programmer akan menunggu laporan bug dari pengguna, setelah itu akan di lakukan perbaikan melalui patch yang akan di kirimkan kembali kepada pengguna agar bug teratasi. Untuk game-game berbasis online, pemeliharaan dapat berupa pemeliharaan server seta penambahan fitur baru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar