Video game merupakan software
dengan seni, suara, dan gamplay yang menarik. Suatu game membutuhkan
development yang baik. Suatu game dengan development yang buruk akan
menghabiskan banyak dana dan waktu serta dapat mengakibatkan banyaknya bug yang
ditemui. Development game komerisal biasamya meliputi :
Pra-produksi
Merupakan
tahap perencanaan dari suatu game yang berfokus pada ide dan konsep. Tujuan dari
konsep development adalah membuat prosedur yang akan di lakukan lebih jelas dan
mudah di pahami. Selain itu, pada tahap ini juga terdapat rencana produksi yang
digunakan beberapa game development serta tahap technical review yang merupakan
detail game yang akan di produksi.
- High concept
Merupakan deskripsi singkat dari suatu game
yang akan di buat.
- Pitch
Merupakan ringkasan singkat yang akan
menampilkan point-point penjualan suatu game dan detail keuntungan yang bisa di
dapat.
- Concept
Merupakan dokumen yang lebih lengkap yang
meliputi semua informasi tentang produksi game. Konsep ini meliputi high
concept, game genre, deskripsi gameplay, fitur, setting, jalan cerita, target
pasar, platform, estimasi pembuatan, analisis pasar, kebutuhan team, dan
analisa msalah.
- Dokumen design
Sebelum produksi dimulai, tim development akan
membuat dokumen design versi pertama yang mendeskripsikan konsep game dan juga elemen
gameplay utama secara mendetail serta meliputi sketsa pendahuluan dari
bebrbagai aspek pada game.
- Prototype
Prototype akan berguna bagi programmer dan
juga game designer untuk bereksperimen menggunakan berbagai algoritama dan scenario
yang dapat digunakan pada game. Prototype biasa digunakan sebagai bukti dari
konsep atau untuk mencoba ide dengan menambahkan, merubah, atau menghilangkan
beberapa fitur.
Produksi
Produksi
merupakan tahap utama dari game development. Di tahap ini akan di buat suatu
game beserta dengan sourch codenya.
- Design
Game designer akan melakukan pembuatan
design dari konten dan aturan dari suatu game. Dalam development, game designer
akan mengimplementasikan dan memodifikasi design game agar sesuai dengan yang
di butuhkan.
- Programming
Programming pada suatu game akan ditangani
oleh game programmer. Programmer bertugas membuat prototype, serta membuat
sourch code dari game yang diproduksi menggunakan game engine yang telah di
tentukan. Selain itu programmer juga bertugas dalam mengatasi bug yang terjadi
pada game.
- Pembuatan level
Pembuatan level pertama pada game biasanya
membutahkan waktu lebih lama, bahkan dapat berganti. Namun level dapat di buat
dengan lebih cepat jika fitur lebih lengkap dan visi game jelas.
- Produksi art
- Produksi audio
Audio game terbagi menjadi 3 yaitu sound
effect, music, dan pengisi suara. produksi Sound effect akan melakukan tweaking
pada sample sesuai dengan yang di butuhkan. Untuk music, dapat dilakukan secara
buatan maupun langsung.
- Pencobaan
Jika sudah selesai, suatu game akan di
lakukan pencobaan(testing) guna menjaga kualitas game agar sesui dengan yang di
inginkan. Tester akan mencoba apakah game dapat dimainkan, mencoba semua fitur
yang tersedia, serta melaporkan bug yang didapati saat mencoba game yang baru
selesai di produksi.
Milestones
Game komersial
biasanya membutuhkan milestone yang ditetapkan oleh penerbit. Milestone menandai
peristiwa utama dalam game development dan digunakan sebagai track kemajuan
game.
- First playable
First playable adalah versi game yang
memuat gameplay utama dan aktiva. Biasanya sesuai dengan prototype yang dibuat
pada tahap pra-produksi.
- Alpha
Merupakan tahap dimana fungsional gameplay
diimplementasikan dan aktiva terselesaikan. Alpha game memiliki fitur dapat
dimainkan serta memuat semua fitur utama.
- Code freeze
Merupakan tahap dimana code-code baru tidak
akan ditambahkan lagi pada game dah hanya dilakukan perbaikan terhadapa bug
yang terjadi.
- Beta
Beta merupakan fitur dan aktiva versi
lengkap dari suatu game. Versi ini biasanya sudah jarang memiliki bug.
- Rilis Code
Adalah tahap dimana banayk bug telah di
perbaiki serta siap untuk di kirim ke manufaktur konsol review.
- Gold master
Gold master merupakan game versi final yang
digunakan sebagai master untuk produksi game secara massal.
Pasca produksi
- Pemeliharaan
Setelah game dikirim, maka tahap
pemeliharaan di mulai. Programmer akan menunggu laporan bug dari pengguna,
setelah itu akan di lakukan perbaikan melalui patch yang akan di kirimkan
kembali kepada pengguna agar bug teratasi. Untuk game-game berbasis online,
pemeliharaan dapat berupa pemeliharaan server seta penambahan fitur baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar