MonoGame
merupakan game engine yang digunakan untuk mengembangkan game yang berjalan
pada platform OS X, Linux, IOS, Android, Playstation Mobile, dan OUYA konsol.
MonoGame mengimplementasikan Microsoft XNA 4 Application Programming Interface.
MonoGame sudah digunakan pada game-game populer seperti Bastion dan Fez.
MonoGame
merupakan evolusi dari XNA Touch yang dimulai oleh Jose Antonio Farias dan
Silver Spirite oleh Bill Reiss. Rilis resmi pertama dari MonoGame adalah versi
2.0 dengan versi yang dapat di download adalah 0.7 yang tersedia dari CodePlex.
Versi ini mendukung 2D sprite base game. Versi terakhir yang support 2D adalah
2.5.1 pada juni 2012.
Sejak
pertengahan 2013, MonoGame mulai menambahkan XNA4 dengan fitur baru seperti
RenderTarget3D, support untuk banyak GameWindows, dan command line lintas
platform. MonoGame telah
mengimplementasikan XNA 4 API secara keseluruhan. Engine ini membuat game
lintas Microsoft Platform menggunakan SharpDX dan DirectX. Untuk non-Microsoft
platform, digunakan library OpenTK. Untuk OS X, IOS, maupun Android, digunakan
runtime Xamarin. Runtime ini menyediakan implementasi OpenTK yang memungkinkan
tim MonoGame berfokus pada inti grafik platform.
Kemampuan
grafis dari MonoGame bersumber dari OpenGL, OpenGL ES, ataupun DirectX. Sejak
MonoGame versi ke 3, yang dijadikan fokus utama adalah OpenGL 2 berbeda denga
versi sebelumnya yang menggunakan OpenGL 1.x untuk grafik rendering. OpenGL 2
membuat MonoGame mendukung shader yang membuat kemampuan rendering lebih
meningkat.
Management
konten dan distribusi berlajut mengikuti XNA 4 contentmanager model. Tim dari
MonoGame telah membuat pembuatan konten baru yang dapat berintegrasi dengan
Microsoft Visual Studio untuk membawa konten yang sama ke windows 8 dimana
Microsoft XNA digunakan oleh user Windows 7.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar