Senin, 26 Desember 2016

Game Engine : MonoGame

MonoGame merupakan game engine yang digunakan untuk mengembangkan game yang berjalan pada platform OS X, Linux, IOS, Android, Playstation Mobile, dan OUYA konsol. MonoGame mengimplementasikan Microsoft XNA 4 Application Programming Interface. MonoGame sudah digunakan pada game-game populer seperti Bastion dan Fez.

MonoGame merupakan evolusi dari XNA Touch yang dimulai oleh Jose Antonio Farias dan Silver Spirite oleh Bill Reiss. Rilis resmi pertama dari MonoGame adalah versi 2.0 dengan versi yang dapat di download adalah 0.7 yang tersedia dari CodePlex. Versi ini mendukung 2D sprite base game. Versi terakhir yang support 2D adalah 2.5.1 pada juni 2012.

Sejak pertengahan 2013, MonoGame mulai menambahkan XNA4 dengan fitur baru seperti RenderTarget3D, support untuk banyak GameWindows, dan command line lintas platform.  MonoGame telah mengimplementasikan XNA 4 API secara keseluruhan. Engine ini membuat game lintas Microsoft Platform menggunakan SharpDX dan DirectX. Untuk non-Microsoft platform, digunakan library OpenTK. Untuk OS X, IOS, maupun Android, digunakan runtime Xamarin. Runtime ini menyediakan implementasi OpenTK yang memungkinkan tim MonoGame berfokus pada inti grafik platform.


Kemampuan grafis dari MonoGame bersumber dari OpenGL, OpenGL ES, ataupun DirectX. Sejak MonoGame versi ke 3, yang dijadikan fokus utama adalah OpenGL 2 berbeda denga versi sebelumnya yang menggunakan OpenGL 1.x untuk grafik rendering. OpenGL 2 membuat MonoGame mendukung shader yang membuat kemampuan rendering lebih meningkat.

Management konten dan distribusi berlajut mengikuti XNA 4 contentmanager model. Tim dari MonoGame telah membuat pembuatan konten baru yang dapat berintegrasi dengan Microsoft Visual Studio untuk membawa konten yang sama ke windows 8 dimana Microsoft XNA digunakan oleh user Windows 7.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar