Dalam game development, terdapat
bagian-bagian yang mengatur berbagai bagian penting dalam proses pembuatan
game. Bagian-bagian tersebut adalah :
Produser
Produser bertugas sebagai orang
atau bagian yang megatur tim development, jadwal, progress laporan, pemilihan
staff, dan banyak lagi. Bagi publisher, produser berperan sebagai pengawas
kemajuan developer dan juga keuangan. Produser juga bertanggung jawab pada
negosiasi kontrak, mengatur jadwal dan keuangan, kualitas produk, dan juga testing
produk.
Publisher
Publisher adalah suatu perusahaan
yang menangani bagian penerbitan game ke pasaran. Selain itu, publisher
biasanya juga melakukan kegiatan pendistribusian game sampai ke konsumen. Untuk
publisher besar, design dari kemasan serta pembuatan kemasan dari suatu game
juga di proses oleh perusahaan tersebut. Hal ini akan membuat biaya produksi
dan biaya distribusi menjadi lebih murah karena langsung ditangani oleh
perusahaan bersangkutan tanpa menggunakan jasa perusahaan lain.
Development team
Development team dapat terdiri
dari sedikit orang sampai dengan ratusan orang yang bekerja sama untuk membuat
sebuah game. Development team ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti artist,
programmers, designers, audio spesialis, dan juga tester.
Designer
Game designer bertugas mendesign
gameplay dari suatu game, pembuatan serta mendesign aturan serta struktur game.
Biasanya game designer juga memuat narasi game, dialog, komentar, cutscane,
jurnal, kemasan game, hint sistem, dan banyak lagi. Pada perusahaan game besar,
bagian designer akan di pecah kembali ke beberapa bagian seperti game mekanik,
user interface, karakter pada game, dialog, dan lain-lain.
Artist
Game artist bertugas untuk membuat
game art. Game art diawasi oleh direktur atau pimpinan art untuk memastikan
kesesuaian game. Tugas game artist berorientasi pada 2D dan 3D modeling. 2D
untuk konsep art, tekstur, backdrop, user interface. 3D biasa menangani
permodelan, animasi, 3d environment, dan juga sinematik.
Programmer
Game programmer adalah bagian
software engineer yang membuat game dengan menggunakan codebase yang telah di
tentukan. Pimpinan dari programmer bertugas melakukan implementasi codebase
awal game dan menentukan berjalannya development game. Bagian-bagian dari programmer
adalah physics, AI, graphics, sound, gameplay, scripting, UI, input processing,
network communication, dan juga game
tools.
Level designer
Level designer bertugas sebagai
pembuat level, tantangan, dan misi-misi pada game yang akan di publikasi. Level
designer akan membuat suatu game lebih menantang dan memiliki tujuan yang tepat
agar pengguna berusaha mencapai tujuan pada game tersebut.
Sound engineer
Sound engineer bertugas untuk
membuat sound effect dan juga penempatan sound sesuai dengan yang di kehendaki.
Composer juga merupakan bagian dari sound engineer yang menangani musical pada
game.
Teaster
Teaster bertugas sebagai
pengontrol kualitas dari suatu game. Game teaster akan menganalisis suatu game
yang telah dibuat oleh bagian terkait. Game teaster akan membuat game menjadi
sesuai dengan yang di inginkan sebelumnya dengan analisis yang dilakukan pada
fitur, tampilan, serta gamplay suatu game. Dengan adanya game teaster, bug yang
terdapat pada game dapat diperbaiki sebelum di rilis ke publik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar