Jumat, 16 Desember 2016

Game Development : Bagian-bagian

Dalam game development, terdapat bagian-bagian yang mengatur berbagai bagian penting dalam proses pembuatan game. Bagian-bagian tersebut adalah :

Produser

Produser bertugas sebagai orang atau bagian yang megatur tim development, jadwal, progress laporan, pemilihan staff, dan banyak lagi. Bagi publisher, produser berperan sebagai pengawas kemajuan developer dan juga keuangan. Produser juga bertanggung jawab pada negosiasi kontrak, mengatur jadwal dan keuangan, kualitas produk, dan juga testing produk.

Publisher

Publisher adalah suatu perusahaan yang menangani bagian penerbitan game ke pasaran. Selain itu, publisher biasanya juga melakukan kegiatan pendistribusian game sampai ke konsumen. Untuk publisher besar, design dari kemasan serta pembuatan kemasan dari suatu game juga di proses oleh perusahaan tersebut. Hal ini akan membuat biaya produksi dan biaya distribusi menjadi lebih murah karena langsung ditangani oleh perusahaan bersangkutan tanpa menggunakan jasa perusahaan lain.
Development team
Development team dapat terdiri dari sedikit orang sampai dengan ratusan orang yang bekerja sama untuk membuat sebuah game. Development team ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti artist, programmers, designers, audio spesialis, dan juga tester.

Designer

Game designer bertugas mendesign gameplay dari suatu game, pembuatan serta mendesign aturan serta struktur game. Biasanya game designer juga memuat narasi game, dialog, komentar, cutscane, jurnal, kemasan game, hint sistem, dan banyak lagi. Pada perusahaan game besar, bagian designer akan di pecah kembali ke beberapa bagian seperti game mekanik, user interface, karakter pada game, dialog, dan lain-lain.

Artist

Game artist bertugas untuk membuat game art. Game art diawasi oleh direktur atau pimpinan art untuk memastikan kesesuaian game. Tugas game artist berorientasi pada 2D dan 3D modeling. 2D untuk konsep art, tekstur, backdrop, user interface. 3D biasa menangani permodelan, animasi, 3d environment, dan juga sinematik.

Programmer

Game programmer adalah bagian software engineer yang membuat game dengan menggunakan codebase yang telah di tentukan. Pimpinan dari programmer bertugas melakukan implementasi codebase awal game dan menentukan berjalannya development game. Bagian-bagian dari programmer adalah physics, AI, graphics, sound, gameplay, scripting, UI, input processing, network communication,  dan juga game tools.

Level designer

Level designer bertugas sebagai pembuat level, tantangan, dan misi-misi pada game yang akan di publikasi. Level designer akan membuat suatu game lebih menantang dan memiliki tujuan yang tepat agar pengguna berusaha mencapai tujuan pada game tersebut.

Sound engineer

Sound engineer bertugas untuk membuat sound effect dan juga penempatan sound sesuai dengan yang di kehendaki. Composer juga merupakan bagian dari sound engineer yang menangani musical pada game.

Teaster

Teaster bertugas sebagai pengontrol kualitas dari suatu game. Game teaster akan menganalisis suatu game yang telah dibuat oleh bagian terkait. Game teaster akan membuat game menjadi sesuai dengan yang di inginkan sebelumnya dengan analisis yang dilakukan pada fitur, tampilan, serta gamplay suatu game. Dengan adanya game teaster, bug yang terdapat pada game dapat diperbaiki sebelum di rilis ke publik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar