Senin, 26 Desember 2016

Game Engine : IW Engine

IW engine adalah game engine yang dikembangkan oleh Infinity Ward, Treyarch, dan Sledgehammer Games untuk game Call Of Duty Series. Engine ini menggunakan id Tech 3 sebagai intinya, sejak engine ini merupakan hak milik dari GtkRadiant dari id Software. Game engine ini telah digunakan oleh Infinitt Ward, Treyarch, Raven Software, dan juga Sledgehammer Games.


Engine ini digunakan sejak game Call Of Duty 2 pada tahun 2005. Pengembangan game ini menghasilkan keuntungan berupa fitur grafis saat mempertahankan game berada pada frame rate 60 fps pada konsol dan juga PC.  Call pf Duty 4 : Modern Warfare dirilis dengan menggunakan engine IW engine versi 3.0. engine ini memiliki fitur seperti peningkatan AI, peningkatan engine pencahayaan, peningkatan sistem partikel, dan banyak lagi peningkatan yang dilakukan. Peningkatan pada engine di bagian model fisik dan pembagian digunakan oleh Treyarch pada game Call of Duty : World at War.

Call of Duty : Modern Warfare 2 dirilis menggunakan IW 4.0 engine. IW 4.0 engine memiliki fitur texture streaming technology untuk membuat lingkungan yang lebih detail tanpa adanya penurunan performa. Game Call of Duty : Black Ops tidak menggunakan IW 4.0 engine, tetapi Treyarch menggunakan versi pengembangan dari IW 3.0 engine yang telah digunakan pada game sebelumnya dengan fitur streaming technology, peningkatan pencahayaan, dan dukungan untuk penggambaran 3D. Call of Duty : Modern Warfare 3 menggunakan versi IW 4.0 engine yang telah di tingkatkan dengan streaming technology yang semakin baik dengan region luas untuk game saat berjalan minimum pada frame rate 60 fps. Pengembangan pada audio dan pencahayaan juga di lakukan pad versi ini.

Call of Duty : Black Ops II dibuat menggunakan pengembangan lebih jauh dari IW 4.0 engine yang menggunakan texture blending baru yang di tingkatkan dengan teknologi baru yang bernama reveal mapping yang membandingkan 2 tekstur dan memadukannya serta adanya peningkatan pada pencahayaan dengan HDR lightning dan banyak lagi. Game ini juga mengambil keuntungan dari DirectX 11 dari kartu grafis pada sistem operasi windows.


Call of Duty : ghost menggunakan versi pengembangan dari IW 5.0 engine yang awalnya digunakan oleh game Call of Duty : Modern Warfare 3. Developer Infinity Ward memulai menggunakan IW6 yang kompetibel dengan system terbaru seperti Xbox One dan juga Playstation 4. Detail tekstur dan grafik secara keseluruhan di tingkatkan. IW6 juga kompetibel dengan Microsoft Windows, Wii U, PS3 dan Xbox 360. Fitur dari IW6 ini adalah teknologi dari pixar, dan subd yang meningkatkan detail dari suatu model serta adanya peningkatan pada segi HDR lightning secara real-time.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar