IW engine
adalah game engine yang dikembangkan oleh Infinity Ward, Treyarch, dan
Sledgehammer Games untuk game Call Of Duty Series. Engine ini menggunakan id
Tech 3 sebagai intinya, sejak engine ini merupakan hak milik dari GtkRadiant
dari id Software. Game engine ini telah digunakan oleh Infinitt Ward, Treyarch,
Raven Software, dan juga Sledgehammer Games.
Engine ini
digunakan sejak game Call Of Duty 2 pada tahun 2005. Pengembangan game ini
menghasilkan keuntungan berupa fitur grafis saat mempertahankan game berada
pada frame rate 60 fps pada konsol dan juga PC.
Call pf Duty 4 : Modern Warfare dirilis dengan menggunakan engine IW
engine versi 3.0. engine ini memiliki fitur seperti peningkatan AI, peningkatan
engine pencahayaan, peningkatan sistem partikel, dan banyak lagi peningkatan
yang dilakukan. Peningkatan pada engine di bagian model fisik dan pembagian
digunakan oleh Treyarch pada game Call of Duty : World at War.
Call of Duty :
Modern Warfare 2 dirilis menggunakan IW 4.0 engine. IW 4.0 engine memiliki
fitur texture streaming technology untuk membuat lingkungan yang lebih detail
tanpa adanya penurunan performa. Game Call of Duty : Black Ops tidak
menggunakan IW 4.0 engine, tetapi Treyarch menggunakan versi pengembangan dari
IW 3.0 engine yang telah digunakan pada game sebelumnya dengan fitur streaming
technology, peningkatan pencahayaan, dan dukungan untuk penggambaran 3D. Call
of Duty : Modern Warfare 3 menggunakan versi IW 4.0 engine yang telah di
tingkatkan dengan streaming technology yang semakin baik dengan region luas
untuk game saat berjalan minimum pada frame rate 60 fps. Pengembangan pada
audio dan pencahayaan juga di lakukan pad versi ini.
Call of Duty :
Black Ops II dibuat menggunakan pengembangan lebih jauh dari IW 4.0 engine yang
menggunakan texture blending baru yang di tingkatkan dengan teknologi baru yang
bernama reveal mapping yang membandingkan 2 tekstur dan memadukannya serta
adanya peningkatan pada pencahayaan dengan HDR lightning dan banyak lagi. Game
ini juga mengambil keuntungan dari DirectX 11 dari kartu grafis pada sistem
operasi windows.
Call of Duty :
ghost menggunakan versi pengembangan dari IW 5.0 engine yang awalnya digunakan
oleh game Call of Duty : Modern Warfare 3. Developer Infinity Ward memulai
menggunakan IW6 yang kompetibel dengan system terbaru seperti Xbox One dan juga
Playstation 4. Detail tekstur dan grafik secara keseluruhan di tingkatkan. IW6
juga kompetibel dengan Microsoft Windows, Wii U, PS3 dan Xbox 360. Fitur dari
IW6 ini adalah teknologi dari pixar, dan subd yang meningkatkan detail dari
suatu model serta adanya peningkatan pada segi HDR lightning secara real-time.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar