Senin, 26 Desember 2016

Game Engine : Unity



Unity adalah game engine lintas platform yang di kembangkan oleh Unity Technologies dan digunakan untuk membuat game pc, konsol, mobile, dan juga website. Awalnya unity hanya dapat di gunakan pada sistem operasi OS X pada apple worldwide developers conference tahun 2005, dan menargetkan berjalan pada 21 platform. Nintendo menyediakan lisensi gratis dari Unity 5 untuk semua lisensi nintendo developer dengan software development kits mereka untuk Wii U dan Nintendo 3DS series.

Lima versi utama dari Unity di rilis. Pada WWDC show tahun 2006, apple menjadikan Unity sebagai runner up dari kategori grafik  di Mac OS X terbaik untuk di gunakan.

Untuk mendukung portabilitas, Unity menargetkan API : Direct3D pada windows dan xbox, OpenGL pada Mac linux, dan Windows, OpenGL ES pada android dan IOS, dan API pada konsol game. Unity memutuhkan spesifikasi kompresi tekstur dan pengaturan resolusi untuk setiap platform, serta menyediakan dukungan untuk efek-efek dan rendering pada video game. Perbedaan platform dari Unity graphics engine dapat menyediakan shader dengan banyak varian dan fallback spesifikasi deklaratif, memungkinkan unity untuk mendeteksi variasi paling tepat sesuai dengan hardware video dan jika tidak ada yang sesuai maka akan digunakan alternatif lainnya.


Unity memiliki peran penting untuk game dengan multi platform. Dalam projek, developer dapat melakukan pembuatan aplikasi pada mobile, web browser, desktop, dan konsol. Platform yang didukung seperti android, apple tv, Nintendo series, Playstation, xbox, dan banyak lagi. Terdapat juga aset server dan Nvidia PhysX untuk engine fisik. Unity Web Player adalah plugin untuk browser yang mendukung windows dan OS X. Unity juga merupakan sdk utama untuk konsole Nintendo WII U.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar