Unity adalah game engine lintas
platform yang di kembangkan oleh Unity Technologies dan digunakan untuk membuat
game pc, konsol, mobile, dan juga website. Awalnya unity hanya dapat di gunakan
pada sistem operasi OS X pada apple worldwide developers conference tahun 2005,
dan menargetkan berjalan pada 21 platform. Nintendo menyediakan lisensi gratis
dari Unity 5 untuk semua lisensi nintendo developer dengan software development
kits mereka untuk Wii U dan Nintendo 3DS series.
Lima versi utama dari Unity di
rilis. Pada WWDC show tahun 2006, apple menjadikan Unity sebagai runner up dari
kategori grafik di Mac OS X terbaik
untuk di gunakan.
Untuk mendukung portabilitas,
Unity menargetkan API : Direct3D pada windows dan xbox, OpenGL pada Mac linux,
dan Windows, OpenGL ES pada android dan IOS, dan API pada konsol game. Unity memutuhkan
spesifikasi kompresi tekstur dan pengaturan resolusi untuk setiap platform, serta
menyediakan dukungan untuk efek-efek dan rendering pada video game. Perbedaan
platform dari Unity graphics engine dapat menyediakan shader dengan banyak
varian dan fallback spesifikasi deklaratif, memungkinkan unity untuk mendeteksi
variasi paling tepat sesuai dengan hardware video dan jika tidak ada yang
sesuai maka akan digunakan alternatif lainnya.
Unity memiliki peran penting untuk
game dengan multi platform. Dalam projek, developer dapat melakukan pembuatan
aplikasi pada mobile, web browser, desktop, dan konsol. Platform yang didukung
seperti android, apple tv, Nintendo series, Playstation, xbox, dan banyak lagi.
Terdapat juga aset server dan Nvidia PhysX untuk engine fisik. Unity Web Player
adalah plugin untuk browser yang mendukung windows dan OS X. Unity juga
merupakan sdk utama untuk konsole Nintendo WII U.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar