PhyreEngine
merupakan game engine yang bebas digunakan dari Sony Interactive Entertaiment.
PhyreEngine kompetibel dengan perangkat Playstation 4, Playstation 3,
Playstation VR, Playstation Vita, Playstation Portable, Microsoft Windows
dengan OpenGL dan DirectX11, Android, dan juga IOS. PhyreEngine telah digunakan
oleh banyak studio game dan telah digunakan pada lebih dari 200 judul game.
PhyreEngine di
distribusikan debagai paket instalasi yang berisi source code lengkap dan juga
tools-tools Microsoft Windows, disediakan dengan lisensi penggunaan yang
fleksibel yang memungkinkan semua developer game playstation 3, penerbit atau
tools dan perusahaan untuk membuat software yang menggunaka PhyreEngine pada
semua platform. Engine ini menggunakan teknik proses paralel yang mutakhir yang
mengoptimalkan Synergistic Processor Unit (SPU) dari Cell Boardband Engine pada
Playstation 3, namun dapat di porting ke arsitektur multi-core lainnya.
PhyreEngine
mendukung OpenGL dan juga Direct3D, sebagai tambahan pada Playstation 3 LibGCM
library. Engine ini menyediakan game template sebagai source code yang meliputi
dukungan untuk Havok Complete XS, NVIDIA PhysX, dan juga Bullet for physic.
Pengembangan
dari PhyreEngine di mulai pada tahun 2003 untuk membuat game engine bafi konsol
Playstation 3 dan di demonstrasikan ke publik pada tahun 2006. PhyreEngine di
rilis pada tahun 2008. Fitur baru di tambahkan pada versi 2.40 yang rilis pada
maret 2009 seperti foliage rendering system yang menyediaka tools dan teknologi
untuk melakukan rendering ultra realistik untuk pepohonan dan tumbuhan pada
game.
Versi 3.0
dirilis pada tahun 2011 dengan aset pipeline baru yang lebih powerfull, dan
juga tool processing yang lebih powerfull untuk
membuat aset pada setiap platform. Dilakukan juga penulisan kembali pada
level editor yang memungkinkan data-driven yang lebih jauh untuk membuat game
menggunakan PhyreEngine. Kombinasi dari
banyak API dan banyak fungsional orientasi game meliputi dukungan
entities, scripting, dan integrasi fisik dan navigasi kompone, PhyreEngine 3.0
dapat membuat game berkualitas tinggi dengan waktu dan biaya yang lebih
sedikit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar