Senin, 26 Desember 2016

Game Engine : PhyreEngine


PhyreEngine merupakan game engine yang bebas digunakan dari Sony Interactive Entertaiment. PhyreEngine kompetibel dengan perangkat Playstation 4, Playstation 3, Playstation VR, Playstation Vita, Playstation Portable, Microsoft Windows dengan OpenGL dan DirectX11, Android, dan juga IOS. PhyreEngine telah digunakan oleh banyak studio game dan telah digunakan pada lebih dari 200 judul game.

PhyreEngine di distribusikan debagai paket instalasi yang berisi source code lengkap dan juga tools-tools Microsoft Windows, disediakan dengan lisensi penggunaan yang fleksibel yang memungkinkan semua developer game playstation 3, penerbit atau tools dan perusahaan untuk membuat software yang menggunaka PhyreEngine pada semua platform. Engine ini menggunakan teknik proses paralel yang mutakhir yang mengoptimalkan Synergistic Processor Unit (SPU) dari Cell Boardband Engine pada Playstation 3, namun dapat di porting ke arsitektur multi-core lainnya.

PhyreEngine mendukung OpenGL dan juga Direct3D, sebagai tambahan pada Playstation 3 LibGCM library. Engine ini menyediakan game template sebagai source code yang meliputi dukungan untuk Havok Complete XS, NVIDIA PhysX, dan juga Bullet for physic.

Pengembangan dari PhyreEngine di mulai pada tahun 2003 untuk membuat game engine bafi konsol Playstation 3 dan di demonstrasikan ke publik pada tahun 2006. PhyreEngine di rilis pada tahun 2008. Fitur baru di tambahkan pada versi 2.40 yang rilis pada maret 2009 seperti foliage rendering system yang menyediaka tools dan teknologi untuk melakukan rendering ultra realistik untuk pepohonan dan tumbuhan pada game.



Versi 3.0 dirilis pada tahun 2011 dengan aset pipeline baru yang lebih powerfull, dan juga tool processing yang lebih powerfull untuk  membuat aset pada setiap platform. Dilakukan juga penulisan kembali pada level editor yang memungkinkan data-driven yang lebih jauh untuk membuat game menggunakan PhyreEngine. Kombinasi dari  banyak API dan banyak fungsional orientasi game meliputi dukungan entities, scripting, dan integrasi fisik dan navigasi kompone, PhyreEngine 3.0 dapat membuat game berkualitas tinggi dengan waktu dan biaya yang lebih sedikit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar