Senin, 26 Desember 2016

Game Engine : Luminous Studio

Luminous Studio merupakan game engine multiplatform yang digunakan oleh perusahaan Square Enix. Engine ini di kembangkan untuk menargetkan delapan generasi hardware dan platform yang kompetibel dengan DirectX 11 seperti Xbox One, Playstation 4, dan juga Microsoft windows. Engine ini mulai digunakan saat pengembangan game Final Fantasy XIII-2 yang kompetibel dengan generasi konsole baru yang tidak bisa di lakukan oleh Crystal Tools.

Lumious Studio juga digunakan pada game Agni’s Philosophy dan juga Witch Chapter 0 dan sekarang digunakan pada game yang fenomenal, yaitu Final Fantasy XV yang baru saja di rilis. Grafik dan juga real time rendering yang di tawarkan oleh engine ini dapat digunakan sebagai engine pengembangan game masa depan.



Pada game Final Fantasy XV, digunakan teknologi pencahayaan dari Luminous dan juga gamelay engine dari luminous studio. Perusahaan ini juga membuat engine untuk lingkungan yang bernama Ebony. Perpaduan dari game engine Luminous Studio dan juga Ebony menghasilkan game Final Fantasy XV. Dengan digunakannya Luminous Studio, real time scane pada Final Fantasy XV memiliki 5 juta poligon per frame dengan model karakter dibuat dengan masing-masig 100.000 poligon. Model karakter untuk Final Fantasy XV dibuat dengan 600 rangka dengan perkiraan 10-12 kali lebih dari hardware generasi ke tujuh. 150 rangka digunakan pada bagian wajah, 300 pada bagian rambut dan pakaian, serta 150 pada tubuh. Untuk rambut, teknik yang digunakan pada Agnis’s Philosophy. Pada bagian rambut digunakan 20.000 poligon, lima kali lebih banyak di banding hardware generasi ke tujuh. Kapasitas data untuk tekstur juga mengalami peningkatan dari sebelumnya. Untuk setiap karakter menggunakan 30MB untuk tekstur data dan 10 level detail. Resolusi HD pada tekstur yang digunakan adalah 2048x2048 dan juga 4096x4096.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar