MT Framework
adalah game engine yang dibuat oleh capcom. MT merupakan singkatan dari Multi
Thread, Meta Tools dan juga Multi Target. Game yang menggunakan engine ini pada
awalnya adalah Dead Rising dan Lost Planet : Extreme Condition. Capcom kemudian
memutuskan divisi development untuk menjadikan MT Framework sebagai engine
utama. Hasilnya, video game untuk Playstation 3 dan Xbox 360 di buat dengan MT
Frame work dengan 4 game baru dan juga 3 game remaster.
MT Framework
mendapat pembaharuan dengan revisi signifikan yang dinamakan dengan MT
Framework 2.0 yang di perkenalkan dengan game Lost Planet 2 pada tahun 2010.
Bagian dari engine ini juga di buat, diantaranya MT Framework Lite yang di
gunakan untuk pembuatan game Wii dan juga PlayStation 3 serta MT Framework
Mobile untuk game Nintendo 3DS, Playstation Vita dan juga IOS.
Pada tahun
2014, capcom terus melakukan pembuatan video game untuk game konsol generasi
ketujuh, smartphone dan handhelds, panta rhei dan RE engine uang digunakan
untuk mengembangakan Resident Evil 7 : Biohazard dimaksudkan sebagai suksesor
dari MT Framework untuk mengembangkan game untuk generasi ke delapan dari game
konsol.
Pengembangan
dari MT Framework ini dimulai pada september 2004 dengan basis Onimusha 3
engine. Engine ini dibuat untuk menggunakan tools development pada pc dengan
target Xbox 360 karena kesamaannya
dengan platform PC. MT Framework mendukung teknik multithreading untuk
mengambil keuntungan dari multicore CPU yang dimiliki oleh Xbox 360 dan juga
Playstation 3 serta PC modern.
MT Framework
versi 1.x memiliki fitur motion blur effect yang di kenal dengan 2.5D motion
blur yang memungkinkan game berjalan dengan lancar pada frame rate 30fps,
percentage closer filtering, HDR rendering, soft particles, dan MSAA. MT
Framework versi ini juga mendukung DirectX 10 yang dapat meningkatkan shadow
randering.
MT Framework
versi 2.x merupakan update dari MT Framework 1.x yang mulai di kembangkan pada
januari 2008 dan memulai debut pada game Lost Planet 2 tahun 2010. Dilakukan
penulisan ulang pada engine ini yang membuat game lebih baik pada platform
Playstation 3 dibanding dengan versi sebelumnya. MT Framework versi 2.x pada PC
telah support dengan DirectX 11 fitur seperti tessellation, displacement
mapping, dan menggunakan directcompute untuk simulasi tubuh dan simulasi ombak.
MT Framework
Lite di perkenalkan pada oktober 2009 yang digunakan sebagai engine untuk
mengembangkan game pada konsol Wii. Untuk MT Framework mobile diperkenalkan
untuk game Nintendo 3DS pada E3 2010. Semakin banyak game yang diluncurkan
dengan menggunakan MT Framework lite dan mobile setelah perilisan awal. Fitur
yang di tawarkan seperti HDR rendering, self shadowing, normal mapping, colorr
corection, gamma correction, depth of field, motion blur dan juga anti-aliasing
pada Nintendo 3DS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar