Senin, 26 Desember 2016

Game Engine : MT Framework

MT Framework adalah game engine yang dibuat oleh capcom. MT merupakan singkatan dari Multi Thread, Meta Tools dan juga Multi Target. Game yang menggunakan engine ini pada awalnya adalah Dead Rising dan Lost Planet : Extreme Condition. Capcom kemudian memutuskan divisi development untuk menjadikan MT Framework sebagai engine utama. Hasilnya, video game untuk Playstation 3 dan Xbox 360 di buat dengan MT Frame work dengan 4 game baru dan juga 3 game remaster.

MT Framework mendapat pembaharuan dengan revisi signifikan yang dinamakan dengan MT Framework 2.0 yang di perkenalkan dengan game Lost Planet 2 pada tahun 2010. Bagian dari engine ini juga di buat, diantaranya MT Framework Lite yang di gunakan untuk pembuatan game Wii dan juga PlayStation 3 serta MT Framework Mobile untuk game Nintendo 3DS, Playstation Vita dan juga IOS.

Pada tahun 2014, capcom terus melakukan pembuatan video game untuk game konsol generasi ketujuh, smartphone dan handhelds, panta rhei dan RE engine uang digunakan untuk mengembangakan Resident Evil 7 : Biohazard dimaksudkan sebagai suksesor dari MT Framework untuk mengembangkan game untuk generasi ke delapan dari game konsol.

Pengembangan dari MT Framework ini dimulai pada september 2004 dengan basis Onimusha 3 engine. Engine ini dibuat untuk menggunakan tools development pada pc dengan target  Xbox 360 karena kesamaannya dengan platform PC. MT Framework mendukung teknik multithreading untuk mengambil keuntungan dari multicore CPU yang dimiliki oleh Xbox 360 dan juga Playstation 3 serta PC modern.

MT Framework versi 1.x memiliki fitur motion blur effect yang di kenal dengan 2.5D motion blur yang memungkinkan game berjalan dengan lancar pada frame rate 30fps, percentage closer filtering, HDR rendering, soft particles, dan MSAA. MT Framework versi ini juga mendukung DirectX 10 yang dapat meningkatkan shadow randering.


MT Framework versi 2.x merupakan update dari MT Framework 1.x yang mulai di kembangkan pada januari 2008 dan memulai debut pada game Lost Planet 2 tahun 2010. Dilakukan penulisan ulang pada engine ini yang membuat game lebih baik pada platform Playstation 3 dibanding dengan versi sebelumnya. MT Framework versi 2.x pada PC telah support dengan DirectX 11 fitur seperti tessellation, displacement mapping, dan menggunakan directcompute untuk simulasi tubuh dan simulasi ombak.


MT Framework Lite di perkenalkan pada oktober 2009 yang digunakan sebagai engine untuk mengembangkan game pada konsol Wii. Untuk MT Framework mobile diperkenalkan untuk game Nintendo 3DS pada E3 2010. Semakin banyak game yang diluncurkan dengan menggunakan MT Framework lite dan mobile setelah perilisan awal. Fitur yang di tawarkan seperti HDR rendering, self shadowing, normal mapping, colorr corection, gamma correction, depth of field, motion blur dan juga anti-aliasing pada Nintendo 3DS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar