Sabtu, 12 November 2016

Aplikasi Sinema Digital Berbasis Desktop : Blender 3D

Blender adalah aplikasi digital sinema berbasis desktop yang dapat digunakan secara gratis karena blender merupakan aplikasi open source. Blender merupakan aplikasi grafik komputer 3D yang dapat digunakan untuk membuat animasi, efek visual, aplikasi 3D, bahkan game-game 3D yang terlihat seolah nyata. Blender dapat di jalankan pada system operasi seperti windows, mac os, dan linux. Blender memiliki fitur yang cukup lengkap dalam lingkup 3D seperti rendering, UV unwraping, sahding dan lainnya.
Blender muncul pada tahun 1995 sebagai aplikasi grafik komputer oleh perusahaan yang bergerak di bidang animasi yaitu NeoGeo. Karena memiliki potensi untuk digunakan oleh kalangan umum untuk menghasilkan animasi-animasi, tahun 1998 didirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) dengan tujuan menciptakan aplikasi animasi yang lengkap, dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, dan juga dapat di gunakan secara cuma-Cuma oleh berbagai kalangan. Karena kondisi pasar saat itu, blender kurang diminati. Ton Roosendaal yang tidak ingin blender menghilang, mendirikan organisasi bernama Blender Foundation. Tujuan utama dari blender foundation adalah mempromosikan serta mengembangkan blender yang open source dan di rilis ulang pada tahun 2002.

Tampilan Awal Blender
Saat ini blender terbaru adalah versi Blender 2.78a yang di rilis oleh Blender Foundation pada 30 September 2016 yang dapat di jalankan pada Windows, Mac OSX, dan Linux. Spesifikasi minimum yang di perlukan untuk menjalankan Blender terbaru adalah :
·         32-bit dual core 2Ghz dengan SSE2 support
·         2 GB RAM
·         24 bit 1280x768 display
·         OpenGL 2.1 graphics dengan 512 MB RAM
Sedangkan spesifikasi yang optimal untuk menjalankan Blender adalah :
  • ·         64-bit eight core CPU
  • ·         16 GB RAM
  • ·         2 full HD display dengan 24 bit color
  • ·         Dual OpenGL 3.2 graphics dengan 4 GB RAM

Jika ingin mempelajari Blender, dapat di miliki dengan cuma-cuma dari website resmi Blender, yaitu https://www.blender.org.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar