Sabtu, 12 November 2016

Aplikasi Sinema Digital Berbasis Desktop : Lightworks

Lightworks adalah non-linear editing system professional yang di gunakan untuk editing dan mastering video digital yang mendukung berbagai format video, termasuk video dengan resolusi 2k dan bahkan 4k. aplikasi sinema digital berbasis desktop ini tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan juga Mac OS.
Fitur-fitur yang di miliki oleh Lightworks cukup lengkap, diantaranya adalah realtime efek, advance editing, output ke 2 monitor, kemampuan import wide range file type, serta export video yang telah dilakukan editing ke vimeo dan juga youtube. Untuk versi pro atau berbayar, video hasil editing tersebut juga dapat di simpan ke dalam DVD, Blu-ray, harddisk, dan banyak lagi.
Lightworks di buat pada tahun 1989 oleh Paul Bamborough, Nick Pollock and Neil Harris. Sejak saat itu mulai banyak film atau pun tv series yang menggunakan Lightworks sebagai aplikasi video editing. Terdapat 2 versi dari Lightworks, yaitu Lightsworks Free dan Lightsworks Pro. Lightsworks Free memiliki jangka waktu 7 hari yang dapat diperbaharui lisensinya setelah instalasi. Untuk memperoleh lisensi Lightworks Free, lakukan pendaftaran dan dapatkan lisensi yang di berikan sertamdapatkan kemampuan yang hebat dalam editing video pada resolusi 1080p yang dapat di upload ke youtube atau vimeo. Untuk Lightworks pro dapat di beli secara bulanan atau tahunan untuk mendapatkan fitur lengkap dari lightworks pada Lightworks Shop. Dengan Lightsworks pro, dapat dilakukan semua fitur opsi export dari berbagai format dengan resolusi hingga 4k  yang dapat di upload ke situs-situs, serta di simpan ke berbagai bentuk media penyimpan.

Untuk sistem operasi, lightworks dapat di jalankan pada windows vista atau yang terbaru, Ubuntu 14.04 atau yang terbaru, mint 17 atau yang terbaru, fedora 20 atau yang terbaru, serta mac os x 10.8-10.12. spesifikasi yang di rekomendasikan oleh lightworks adalah intel i7 chipset atau yang lebih cepat, 3GB ram atau lebih, 2 display 1920x1080, Vga dengan 1GB, sound card, serta 200MB ruang penyimpanan. Jika tertarik untuk mencoba atau bahkan membeli, dapat mengunjungi situs https://www.lwks.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar