Minggu, 18 Juni 2017

Sosiologi Web (Bab 5.4)



Didalam web terdapat interaksi antara seluruh penggunanya. Interaksi yang terjadi pada web berupa kegiatan pertukaran informasi antara penyedia informasi dan juga yang membutuhkan informasi tersebut. Hal ini membuat web sebagai cerminan dari masyarakat itu sendiri. Tidak hanya sebagai media informasi, Web juga menjadi suatu sarana hiburan dengan adanya penyedia layanan hiburan pada web. Web pada saat ini juga dijadikan sebagai media untuk memperoleh keuntungan seperti adanya transaksi jual beli melalui web yang semakin diminati. 

5.4.1 Komunitas

Dengan adanya web, semakin banyak terbentuknya komunitas yang berasal dari suatu kegemaran yang sama. Web membuat individu dengan suatu kegemaran dapat menjalin suatu hubungan dengan individu lain dengan kegemaran yang sama walau dengan lokasi yang berjauhan sekalipun. Contoh komunitas yang terlahir dari adanya web adalah komunitas game, komunitas pecinta binatang dan lainnya. 

5.4.2 Struktur

Struktur sosial pada web tersusun atas refleksi dari kehidupan sosial manusia yang di lakukan pada suatu web. Selain itu, terbentuk juga suatu struktur informasi yang merupakan hasil dari komunikasi antar pengguna web yang saling bertukar informasi dan juga bertukar pengetahuan sehingga web dapat dijadikan suatu media pembelajaran bagi masyarakat.

5.4.3 Kualitas 

Pada web, diiperlukan adanya suatu pengukuran kualitas dari suatu halaman. Hal ini akan menjadikan pencarian informasi menjadi efektif dan sesuai dengan kebutuhan dari pengguna sehingga biaya yang diperlukan menjadi lebih kecil. Saat ini metode untuk melakukan pengukuran kuallitas dari suatu informasi pada halaman web semakin baik, sebagai contoh popular adalah pagerank.

5.4.4 Kepercayaan dan reputasi

Diidalam web sosial, suatu kepercayaan dan reputasi perlu dibangun sebagai tolak ukur yang dapat digunakan dalam kegiatan sosial dalam web. Sebagai contoh sederhana, pada suatu kegiatan jual beli, di perlukan adanya suatu kepercayaan dari pengguna untuk melakukan transaksi, tanpa adanya kepercayaan, tidak akan terjadi suatu transaksi, dengan begitu, penyedia layanan perlu untuk membangun kepercayaan dangan mengedepankan keamanan transaksi sehingga pengguna berani untuk menjadikan web sebagai media transaksi. Setelah terbentuk suatu kepercayaan, akan terlihat reputasi dari transaksi yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan reputasi yang baik, akan semakin banyak transaksi yang akan dilakukan pada web tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar