Bab I
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Pendidikan Karakter dibutuhkan agar
Bangsa Indonesia menjadi manusia unggul yang dapat membawa Indonesia lebih baik
dari saat ini. Jumlah sumber daya manusia yang tinggi akan lebih baik jika
memiliki mutu yang baik yang akan mendukung kemajuan.
Pendidikan berfungsi untuk
mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter bangsa serta mengembangkan
potensi diri. Menurut kamus Psikologi, karakter adalah kepribadian
ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang, dan
biasanya berkaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap (Dali Gulo, 1982:
p.29). Hal ini membuat pedidikan karakter perlu di laksanakan dengan baik agar
kepribadian bangsa menjadi lebih baik.
1.2 Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah :
Apa pengertian
Pendidikan Karakter?
Apa nilai-nilai
dalam pendidikan karakter?
Bagaimana
Pendidikan Karakter yang baik?
Bagaimana
hubungan pendidikan karakter dengan kemajuan bangsa?
1.3 Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah yang telah disusun, maka tujuan dari makalah ini adalah :
Untuk mengetahui pengertian
pendidikan karakter
Untuk mengetahui nilai-nilai dalam pendidikan karakter
Untuk mengetahui bagaimana
pendidikan karakter yang baik
Untuk mengetahui bagaimana hubungan
pendidikan karakter dengan kemajuan bangsa
Bab II
Pembahasan
2.1 Pengertian Pendidikan Karekter
Pendidikan dapat diartikan sebagai
suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan pontesi peserta didik. Sedangkan
karakter adalah nilai-nilai yang khas dari seseorang. Secara sederhana, pendidikan karakter
dapat didefinisikan sebagai segala usaha yang dapat dilakukan untuk
mempengaruhi karakter seseorang. Menurut Thomas Lickona, pendidikan
karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat
memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.
Pendidikan karakter sangat penting
untuk mengatasi krisis moral yang terjadi saat ini dan juga dapat membawa
Indonesia menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Krisis moral tersebut
antara lain berupa peningkatan pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan
sebagainya.
2.2 Nilai-nilai dalam
Pendidikan Karakter
Menurut Pusat Kurikulum Balitbang
Kemendiknas, Nilai-nilai karakter berdasarkan budaya bangsa adalah sebagai
berikut :
1.
Religius
2.
Jujur
3.
Toleransi
4.
Disiplin
5.
Kerja
Keras
6.
Kreatif
7.
Mandiri
8.
Demokratis
9.
Rasa
ingin tahu
10.
Semangat
kebangsaan
11.
Cinta
tanah air
12.
Menghargai
prestasi
13.
Bersahabat/komunikatif
14.
Cinta
damai
15.
Gemar
membaca
16.
Peduli
lingkungan
17.
Peduli
sosial
18.
Tanggung
jawab
Tujuan dari adanya
pendidikan karakter adalah untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter yang
berdasarkan pada budaya bangsa. Jika nilai-nilai ini di miliki sejak dini, maka
bangsa indonesia akan menjadi bangsa yang unggul.
2.3 Pendidikan
karakter yang baik
Dalam teori, pendidikan
karakter sangat menjanjikan untuk menjawab persoalan pendidikan di Indonesia. Namun
pada praktiknya, sering terjadi bias dalam penerapan. Keberhasilan pendidikan
karakter dapat dilihat dari prilaku siswa yang mendapatkan pendidikan tersebut.
Prilaku dilihat dari segala aspek, seperti fokus saat pelajaran, suka membantu,
dan lainnya seperti nilai-nilai yang terdapat pada pendidikan karakter. Pendidikan
karakter tidak hanya pengetahuan saja, tetapi penanaman moral, nilai-nilai
etika, estetika, budi pekerti yang luhur secara pratek.
Pendidikan karakter juga
mempunyai tujuan untuk mengembangkan potensi hati nurani, mengembangkan
kebiasaan baik, mengembangkan kemandirian, kreatifitas, wawasan kebangsaan,
tanggung jawab, serta keteladanan. Pendidikan karakter dapat dilaksanakan
melalui pendidikan formal, maupun nonformal.
2.4 hubungan
pendidikan karakter dengan kemajuan bangsa
Karakter bangsa adalah
kualitas prilaku bangsa yang khas baik yang tercermin dalam kesadaran,
pemahaman, rasa, karsa, dan prilaku berbangsa dan bernegara berdasarkan
nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Untuk mecapai karakter bangsa yang baik,
dibutuhkan penanaman nilai-nilai moral sejak dini yang dapat dilakukan melalui
pendidikan karakter yang berkualitas. Semakin baik karakter bangsa maka
Kemajuan bangsa akan semakin mudah terlaksana.
Bab III
Penutup
3.1 Kesimpulan
Semakin baik karakter bangsa maka akan semakin mudah
terciptanya kemajuan bangsa. Pendidikan karakter yang berkualitas dapat
menjadikan karakter bangsa semakin baik jika di laksanakan berdasarkan
nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Pendidikan karakter juga memerlukan waktu
yang tidak sebentar untuk melaksanakan serta memperoleh hasil yang di inginkan.
3.2 Saran
Pemerintah perlu untuk
meningkatkan Pendidikan Karakter pada pendidikan formal maupun noformal. Dari pendidikan
suatu bangsa dapat menjadi bangsa yang maju. Peran serta masyarakat juga di
butuhkan untuk menjadikan penerusnya lebih baik dengan mengajarkan nilai-nilai
yang baik.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar